CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 23 April 2013

Bahan-Bahan Kosmetik yang Berbahaya



Merkuri, hidrokinon, adalah bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan problem fatal pada kulit. Mungkin memang keduanya dapat mencerahkan dan memutihkan kulit dalam waktu yang singkat. Tetapi, efek penggunaan jangka panjangnya dapat menyebabkan kefatalan seperti kerusakan kulit hingga kanker kulit.

Jika bahan-bahan tersebut sudah dirazia hebat, ternyata masih ada beberapa bahan yang dapat membawa efek sama bahayanya pada kulit.

Seperti dikutip dari SheKnows.com, para ilmuwan menemukan bahwa beberapa bahan berbahaya telah digunakan dalam produk kosmetik yang umum dipakai. Kedengarannya memang biasa saja, tetapi ternyata di baliknya tersimpan bahaya yang mengancam kulit maupun kesehatan.

Paraben
Paraben adalah bahan yang digunakan di dalam kosmetik untuk mencegah berkembangnya bakteri di sana. Namun, dikenal juga bahwa paraben ternyata menjadi salah satu zat yang menyebabkan kanker payudara, meningkatkan resiko penuaan dini serta kerusakan DNA.

Phthalates
Bahan yang satu ini dipakai dalam produk kosmetik untuk membantu menyamarkan noda. Sayangnya, bahan ini berbahaya bagi organ reproduksi karena dapat menciptakan racun di dalam tubuh. Ia juga dituding sebagai salah satu bahan yang meningkatkan kanker.

Triclosan
Bahan antibakteri ini diduga dapat meningkatkan reaksi alergi dan mengacaukan fungsi hormon. Dan ternyata bahan ini sulit terurai. Triclosan ini hingga sekarang masih sering dipakai dan kabarnya juga membuat tubuh kebal akan obat-obatan antibiotik.

Propylene glycol
Biasanya bahan ini terdapat pada deterjen, cream wetlook, foaming atau kondisioner. Kandungannya dapat menyebabkan iritasi pada kulit, rasa mual, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Petroleum
Bahan yang dikenal dapat melembabkan ini diproduksi melalui proses destilasi. Kabarnya, bahan ini dicurigai sebagai bahan yang dapat menyumbat pori-pori dan paru-paru.

 

0 komentar:

Posting Komentar